Panduan Lengkap Update Offline Easy 6 Desktop

Easy Accounting System adalah software akuntansi user friendly dan berorientasi pada kenyamanan penggunanya. Salah satu layanan yang disediakan adalah dengan memberikan tip dan trik seputar pemakaian modul, fitur, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan software Easy Accounting Software. Dalam artikel ini akan membahas mengenai cara melakukan update offline di Easy 6 Desktop. Seperti biasa, artikel ini akan dilengkapi panduan berupa gambar untuk mempermudah semua pengguna software akuntansi Easy Accounting System.  

Cara Update Offline Easy 6

  1. Kunjungi situs https://easyaccountingsystem.co.id/download-easy/ untuk mengunduh Easy Updater versi 6.1.6 Build 2257. Anda dapat mengunduhnya di tab Download kemudian scroll sedikit ke bawah di bagian Easy Updater lalu tinggal tekan download sesuai bit yang digunakan.

2. Setelah unduhan selesai, buka lokasi file Easy System. Caranya klik kanan pada shortcut Easy System dan pilih Open file location.

3. Copy unduhan installer tadi kemudian paste di folder yang dibuka di langkah nomor 2.

4. Setelah file updater selesai di-copy, klik kanan pada file tersebut dan pilih Run as administrator.

5. Jika unduhan sudah selesai, klik dua kali untuk membuka updaternya. Jika sudah muncul updaternya klik Pengaturan agar kolom Varian, Bit, dan Bahasa otomatis terisi (lihat gambar di bawah).

6. Selanjutnya klik Pembaruan lalu sorot ke bawah dan pilih Offline dari file.

7. Kita akan menuju direktori di mana file update-nya berada, klik file yang akan dipakai dan pastikan jangan sampai salah. Diinfokan file zip/rar ini bisa diambil di pc lain yang sudah terupdate yang ada di folder easy 6 “C:\Program Files\Megasoft Inc\Easy 6” disesuaikan dengan bit 32 atau 64-nya.

8. Akan muncul notifikasi “Easy Accounting System Platinum (64 Bit) versi terbaru ditemukan. Perbahuri sekarang?”, klik Yes untuk melanjutkan.

9. Jika sudah selesai proses update-nya maka akan muncul notifikasi bahwa “Pembaruan Sukses” yang menunjukkan bahwa Easy 6 sudah menjadi build terbaru.

Demikianlah langkah untuk melakukan update offline Easy 6. Semoga dengan tutorial ini Anda semua bisa terbantu dan bertambah ilmu mengenai pemakaian fitur seputar Easy Accounting System dan Easy Cloud. Selalu ikuti situs ini untuk mengetahui beragam info terbaru dari kami.

Jika Anda memiliki request tutorial seputar Easy Accounting System silakan sampaikan kepada kami. Caranya sangat mudah, ketikkan request Anda di kolom komentar situs ini dan di YouTube. Tim kami akan merespon permintaan tutorial Anda. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel-artikel lainnya.

Tutorial Easy 6: Membuat Uang Muka Penjualan Via Faktur Penjualan

Berjumpa lagi di artikel tutorial dari situs support Easy, di mana situs ini adalah penyedia informasi, tip, dan trik seputar software akuntansi Easy Accounting System yang paling lengkap. Seperti biasa, kami akan memberikan tutorial mengenai produk Easy Accounting System baik Easy 6, Easy Cloud atau Easy Mobile. Di dalam artikel tutorial ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai langkah-langkah untuk membuat uang muka penjualan melalui faktur penjualan. Mari langsung saja kita mulai ke cara-cara untuk membuatnya.

  1. Langkah pertama menuju ke Jalan Pintas lalu klik modul Penjualan kemudian pilih Faktur Penjualan.

2. Klik Pelanggan lalu pilih nama yang akan digunakan, jangan lupa isi No. Faktur di kolom yang telah disediakan. Klik dua kali di No. Barang lalu cari dan pilih Uang Muka, setelah itu isi nominal uang mukanya di kolom Harga Satuan. Terakhir klik Terima Pembayaran untuk melunasi DP tersebut.

3. Pastikan bahwa di kolom Bayar sudah terceklis lalu klik Simpan dan Keluar.

4. Selanjutnya kita buat faktur penjualan lagi untuk barangnya, caranya sama seperti di langkah pertama. Pilih pelanggannya lalu isi kolom No. Faktur dan dobel klik No. Barang untuk memilih item yang akan dijual. Di tab yang ditunjukkan angka 4 ganti pilihan dari Pesanan ke Uang Muka. Otomatis akan muncul list DP yang kita miliki, pilih yang akan dipakai dengan menceklis kolom yang di sebelah kiri, jika sudah klik Ya.

5. Bisa dilihat bahwa DP yang tadi kita buat sudah masuk ke faktur penjualan barangnya, lanjutkan dengan klik Terima Pembayaran.

6. Pastikan bahwa kolom bayar sudah diceklis dan bisa dilihat bahwa total pembayarannya sudah otomatis terpotong nilai uang muka yang kita buat tadi, terakhir pastikan klik Simpan dan Keluar.

Oke, demikian langkah untuk membuat uang muka penjualan via faktur penjualan. Meskipun prosesnya mudah, Anda semua tetap harus teliti dan jangan sampai terjadi salah ketik nominal maupun salah input.

Ada banyak tutorial lain yang bisa Anda baca dan pelajari di situs ini. Mulai dari cara membuat database, registrasi, hingga cara melakukan transaksi berulang. Kami juga memiliki channel youtube yang berisi info maupun tutorial seputar Easy Accounting System. Anda tinggal ketik Easy Accounting System di kolom search youtube dan Anda akan menemukan channel kami. Sekian tutorial singkat nan informatif dari kami. Sampai jumpa di tip cerdas dari web support Easy Accounting System yang lainnya.

Tutorial RAB Easy 6 Part 1: Persiapan Awal Membuat Rancangan Anggaran Biaya

Software akuntansi Easy System telah mengeluarkan update untuk versi desktopnya yaitu Easy 6.1.6 build 2257. Di Easy 6 terbaru ini ada beberapa fitur baru di antaranya Rancangan Anggaran Biaya (RAB), Import Formula Produk, Import Pembayaran Lainnya, dan Sub Gudang. Kali ini kita akan bahas tutorial salah satu fitur di atas yaitu Tutorial RAB Easy 6 bagian pertama.

Di bagian pertama ini akan kami tunjukkan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rancangan Anggaran Biaya di software akuntansi Easy 6 desktop. Mari kita langsung saja mulai lihat langkahnya di bawah ini.

Persiapan Awal RAB

  1. Langkah pertama buat dulu master biaya yang nantinya akan dipakai di dalam proyek, cara buatnya kita klik Modul Utama kemudian sorot ke modul Konstruksi kemudian pilih Biaya Proyek.

2. Di dalam Biaya Proyek ini ada beberapa yang harus kita isis mulai dari kolom Deskripsi kemudian pilih Tipe Biaya, isi Nilai Biaya, Satuan, dan pilih No. Akun, terakhir pastikan untuk klik Simpan dan Keluar.

3. Selanjutnya kita buat juga anggaran atas barang-barang yang akan dipakai nanti, caranya klik Modul Utama kemudian sorot ke Konstruksi kemudian pilih Anggaran Bahan Proyek.

4. Lengkapi Anggaran Bahan Proyek, mulai dari isi Deskripsi kemudian klik Pilih Bahan. Selanjutnya pilih barang yang akan digunakan dengan menceklis item-itemnya, jika sudah klik Ya. Terakhir pastikan klik Simpan dan Keluar.

5. Selanjutnya tambahkan juga Anggaran Biaya Proyek, caranya klik Modul Utama kemudian sorot ke Konstruksi lalu pilih Anggaran Biaya Proyek.

6. Kita buat Anggaran Biaya, pertama isi Deskripsi kemudian klik tombol Pilih Biaya kemudian akan muncul biaya apa saja yang telah dibuat, kita pilih yang tadi kita buat di langkah nomor 2 yaitu Biaya Proyek Lomba Fun Bike 17an dengan cara menceklisnya lalu klik Ya, terakhir jangan lupa klik Simpan dan Keluar.

7. Selanjutnya kita buat Analisa Harga Satuan Kerja, caranya dengan klik modul Konstruksi lalu klik tab Analisa Harga Satuan Kerja.

8. Mula-mula kita pilih kategori dengan pekerjaan yang akan digarap, misal Event Sepeda, lalu isi kolom Deskripsi. Selanjutnya pilih barang apa saja yang akan dipakai di pekerjaan tersebut, klik No. Barang lalu pilih barangnya. Jika semua barangnya sudah diinput bisa klik Simpan dan Keluar.

Demikianlah tutorial RAB Easy 6 bagian pertama, semoga langkah-langkah di atas bisa membantu user Easy semua dalam membuat Rancangan Anggaran Biaya. Selain tutorial ini masih banyak tutorial dan tip pemakaian produk Easy 6, Easy Cloud, dan Easy Mobile yang bisa dibaca di sini. Sekian dulu pembahasan tentang RAB ini, kita akan melanjutkannya di artikel kami selanjutnya.

,

Cara Registrasi Ulang Software Akuntansi Easy Accounting System

Hai, pengguna software akuntansi Easy Accounting System semua. Kali ini kami akan kembali memberikan tip tentang Easy Accounting System. Dalam artikel ini yang akan dibahas adalah cara registrasi ulang di software akuntansi Easy Accounting System.

Kami akan memberikan cara registrasi EASY dengan penjelasan yang mudah. Dilengkapi dengan gambar yang semakin mempermudah Anda untuk mempraktikkannya secara langsung. Jadi, silakan baca dan ikuti langkah-langkah registrasi ulang Easy Accounting System di bawah ini.

  1. Langkah pertama untuk melakukan registrasi ulang software akuntansi Easy Accounting System Anda adalah mengakses situs registrasi yaitu register.easyaccountingsystem.co.id. Kemudian isi Nama Pengguna, Kata Sandi, lalu pilih versi Easy Accounting 6, pastikan klik tombol Masuk.

2. Setelah berhasil masuk akan ada EULA, baca dan scroll dokumen tersebut sampai muncul tombol Setuju atau Tidak Setuju, untuk melanjutkan proses registrasi ulang silakan klik tombol Setuju.

3. Sebelum lanjut ke Langkah berikutnya, pastikan apakah Id Komputer berubah atau tidak, jika Id Komputer berubah maka lakukan migrasi lisensi saja dengan mengikuti tutorial yang ada di bagian bawah tutorial ini.

Klik Easy Accounting kemudian klik Daftar Serial No, lanjutkan ke kolom search lalu cari pengguna atau lisensi yang mau dimigrasi (pastikan status aktif), lalu klik tombol kuning (migrasi serial no).

Isi Id Komputer Baru di kolom yang sudah tersedia kemudian klik Simpan.

4. Buka aplikasi Easy Accounting System Anda kemudian klik tombol Registration dan akan muncul tampilan seperti gambar di bawah. Mulai dengan menceklis kolom Registrasi Online dan I Have Serial Number Online. Setelah itu isi kolom Id Komputer, Username, dan Password. Pastikan klik tombol Registrasi.

5. Jika sudah berhasil akan muncul tampilan di bawah ini dan notifikasi “Easy Accounting System Sudah Terdaftar”.

Dengan melakukan langkah mudah di atas proses registrasi ulang Easy Accounting System telah selesai. Selain tutorial ini masih banyak tutorial lain yang bisa dibaca di sini, seperti impor transaksi dari Excel, recurring, dan multi cabang.

Anda juga bisa meminta tutorial kepada kami. Caranya juga sangat mudah, cukup ketikkan request tutorial yang diinginkan di kolom komentar. Tim kami akan segera meresponnya dan membuat tutorial tersebut. Jika ingin info lengkap tentang aplikasi ini silakan langsung kunjungi website utama Easy. Sekian dari kami, sampai jumpa di artikel lainnya.

Tutorial Lengkap Membuat Departemen Easy Cloud

Halo semua pengguna Easy, kali ini kami kembali akan memberikan tip dan trik seputar software akuntansi Easy System, tepatnya Easy Cloud. Easy Cloud sebagai cloud accounting baru yang user friendly punya banyak fitur dan modul yang bisa mendukung usaha Anda. Kali ini kami akan memberikan sebuah tutorial yang pastinya mudah untuk Anda terapkan yaitu cara membuat departemen Easy Cloud.

Kami akan memberikan tutorial tersebut dengan penjelasan yang simpel. Dilengkapi dengan gambar yang semakin mempermudah Anda untuk mempraktikkannya secara langsung. Jadi, silakan baca dan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Buat Departemen di Easy Cloud

  1. Sebelumnya kita pastikan terlebih dulu bahwa plugin departemen dan proyek di Easy Cloud sudah terpasang. Cara ceknya sebagai berikut, klik Alat Bantu kemudian pilih Plugin, kita lihat apakah Departemen dan Proyek sudah terpasang belum, jika belum maka langsung klik tombol Pasang yang ada di bawahnya lalu klik Kembali.

2. Setelah memastikan plugin tersebut sudah terpasang kita pastikan juga bahwa plugin tersebut sudah kita aktifkan fiturnya. Bagaimana cara mengeceknya? Kita klik Preferensi kemudian kita pilih Fitur, di sana ada berbagai fitur yang bisa kita pilih, pastikan kolom Departemen sudah dicentang, jika sudah klik Simpan.

3. Kita buat sebuah departemen baru, caranya klik Master Data lalu pilih Departemen. Setelah masuk ke daftar departemen kita ke sebelah kiri bawah dan klik tombol Baru, lalu kita isi No. Departemen, Nama Departemen, Nama Kontak, dan Deskripsi. Jika sudah diisi semua jangan lupa klik Simpan.

4. Selanjutnya kita buat satu transaksi memakai departemen, misalnya di faktur penjualan. Kita pilih faktur penjualan kemudian kita isi Pelanggan No. Faktur dan pilih barang yang akan dijual. Setelah barang diisi kuantitasnya, jangan lupa di kolom Departemen kita isi dengan yang sudah kita buat tadi, jika sudah klik Simpan.

5. Untuk melihat laporan laba rugi per departemen kita klik Laporan lalu pilih Semua Laporan klik Laporan Departemen dan kita cari laporan Laba Rugi per Departemen. Kita atur filternya, pilih periode dan nama departemen yang tadi, maka akan muncul laporan seperti di gambar berikut ini.

Demikian adalah cara untuk membuat departemen di Easy Cloud, semoga bisa membantu Anda semua. Kami juga punya versi video dari tutorial ini. Untuk melihatnya silakan langsung ke channel YouTube Easy Accounting System. Sekian tutorial dari kami dan jangan lupa untuk terus baca situs ini.

Tutorial Lengkap Impor Faktur Penjualan Easy Cloud

Teman-teman semua kami punya sebuah kabar gembira yang datang dari aplikasi akuntansi berbasis online Easy Cloud. Kini fitur unggulan impor transaksi dari Excel di dalam Easy Cloud kembali bertambah dan sudah dapat dipakai oleh pengguna. Terbaru adalah fitur impor transaksi di dalam modul penjualan yaitu impor faktur penjualan Easy Cloud.

Para pembaca tentu ingin tahu apakah fungsi dari fitur paling baru yang ditambahkan di dalam Easy Cloud. Secara garis besar, fitur impor faktur penjualan berfungsi untuk membantu pengguna memasukkan ratusan bahkan ribuan data invoice penjualan ke dalam Easy Cloud tanpa perlu input secara manual satu per satu. Jadi, selain bisa meringankan beban pekerjaan, fitur ini bisa menyingkat waktu pekerjaan agar lebih efektif dan produktif.

Cara Impor Faktur Penjualan di Easy Cloud

  1. Sebelum memulai, pastikan terlebih dulu bahwa kita sudah memiliki add on impor faktur penjualan. Caranya klik Alat Bantu kemudian pilih Plugin.

2. Selanjutnya kita akan masuk ke dalam daftar plugin Easy Cloud, di sini teman-teman bisa melihat semua plugin yang bisa dipilih dan diinstal. Baik, kita cari plugin Impor Faktur Penjualan dengan scroll ke bawah. Jika sudah ketemu kita bisa klik Pasang.

3. Teman-teman akan otomatis masuk ke halaman detail dari impor faktur penjualan yang berisi ringkasan dari fitur ini. Langkah berikutnya adalah kita klik Pasang.

4. Pastikan bahwa plugin tersebut sudah terpasang dengan keluar lalu masuk lagi ke akun Easy Cloud. Teman-teman bisa cek bahwa plugin tersebut sudah terpasang dengan klik Import Transaksi lalu sorot ke Penjualan kemudian pilih Import Faktur Penjualan.

5. Nah, teman-teman sudah berada di menu fitur impornya. Selanjutnya kita klik Import Data kemudian cari di mana lokasi file Excel yang akan diimpor, jika sudah ketemu bisa diklik filenya kemudian bisa klik Open.

6. Data di dalam file Excel akan muncul di dalam Easy Cloud, tetapi perlu teman-teman ingat bahwa data ini belum tersimpan. Untuk menyimpannya kita harus klik tombol Simpan & Keluar terlebih dulu.

7. Setelah itu, proses impor akan berjalan dengan cepat dan akan muncul notifikasi seperti gambar di bawah. Bisa dilihat bahwa data yang diimpor semuanya sukses tidak ada yang gagal. Lalu, bagaimana jika ada yang gagal? Teman-teman bisa menngeser file tersebut ke kiri dan menemukan kesalahan apa yang menyebabkan gagal. Perbaiki error tersebut di file Excel kemudian ulangi langkah impor ini dari awal.

Demikianlah urutan untuk membuat impor faktur penjualan Easy Cloud. Semoga tutorial ini dapat membantu teman-teman semua. Jika ingin tahu info maupun penawaran terbaik tentang aplikasi akuntansi berbasis web ini silakan kunjungi www.easycloud.co.id.

Tutorial Lengkap Impor Jurnal Umum Easy Cloud

Teman-teman semua pasti sudah tahu ya tentang aplikasi akuntansi berbasis web/online Easy Cloud. Nah, di dalam Easy Cloud ini terdapat banyak fitur unggulan sama seperti di versi desktopnya yaitu Easy 6. Salah satu dari fitur andalan tersebut adalah impor transaksi dari Excel. Ada banyak impor transaksi di aplikasi akuntansi online ini salah satunya adalah yang akan kita bahas di sini yaitu impor jurnal umum Easy Cloud.

Fitur ini berfungsi untuk memindahkan transaksi jurnal umum yang jumlahnya banyak dari Excel ke dalam Easy Cloud secara cepat tanpa perlu input secara manual. Jadi, pengguna Easy Cloud tidak perlu input satu per satu dan butuh waktu lama. Baik, mari kita mulai saja tutorialnya.

Cara Buat Impor Jurnal Umum

  1. Untuk mengawali proses impornya, kita harus pastikan terlebih dulu bahwa kita telah punya add on impor jurnal umum. Caranya klik Alat Bantu kemudian pilih Plugin.

2. Kita akan masuk ke halaman daftar add on yang dimiliki oleh Easy Cloud. Cari plug in Impor Jurnal Umum dengan scroll ke bawah, jika sudah ketemu bisa klik tombol Pasang seperti petunjuk gambar di bawah ini.

3. Selanjutnya kita akan menuju ke halaman detail dari add on tersebut, klik tombol pasang untuk mengaktifkan pluginnya.

4. Untuk memastikan bahwa add on sudah terpasang kita log out lalu log in ulang, lalu cek dengan klik Import Transaksi sorot kursor ke Buku Besar. Nah, ternyata sudah ada Import Jurnal Umum yang bisa kita klik.

5. Langkah berikutnya adalah kita klik Import Data kemudian mencari lokasi dan file Excel yang akan diimpor ke Easy Cloud. Jika file sudah ditemukan maka klik filenya lalu klik tombol Open.

6. File tersebut akan muncul di dalam Easy Cloud, tetapi perlu diingat bahwa data tersebut belum sepenuhnya tersimpan. Teman-teman perlu klik tombol Simpan & Keluar untuk memproses data dalam file Excel tersebut.

7. Dalam waktu singkat akan muncul notifikasi yang menunjukkan bahwa import jurnal umum Easy Cloud telah selesai dan ada 45 data yang sukses tersimpan tanpa ada yang gagal sama sekali. Untuk diperhatikan oleh teman-teman, jika ada data yang gagal tidak perlu panik. Bisa geser ke sebelah kiri untuk menemukan apa penyebabnya lalu diperbaiki di file Excel-nya kemudian mengulang proses impornya.

Dengan melakukan langkah mudah di atas proses membuat impor jurnal umum Easy Cloud telah selesai. Tidak hanya fitur ini saja yang mudah dibuat, semua fitur dan modul di Easy Cloud pastinya user friendly. Jadi, mudah digunakan oleh semua orang, bahkan yang masih awam dengan akuntansi.

Selalu ikuti update terbaru dari kami dan baca artikel-artikel lain di sini. Ada banyak artikel informatif untuk Anda pengguna software Easy System. Tutorial instal, impor transaksi dari Excel, recurring, dan multi cabang lengkap tersedia dalam situs ini.

Teman-teman juga bisa meminta suatu tutorial kepada kami. Caranya juga sangat mudah, cukup ketikkan request tutorial di kolom komentar. Tim kami akan segera meresponnya dan membuat tutorial tersebut. Jika ingin info lengkap tentang aplikasi ini silakan langsung kunjungi www.easycloud.co.id. Sekian dari kami, sampai jumpa di artikel lainnya.

Tutorial Lengkap Impor Faktur Pembelian Easy Cloud

Software akuntansi Easy System kembali akan memberikan sebuah tip untuk semua pengguna. Dalam artikel kali ini akan dibahas sebuah tutorial yang berhubungan dengan aplikasi akuntansi berbasis online kami yaitu Easy Cloud. Secara khusus kami akan membahas tentang proses impor faktur pembelian Easy Cloud.

Fitur ini sangat berguna dan bermanfaat, sebab pengguna tidak perlu bekerja dua kali. Pengguna tidak perlu melakukan input secara manual, cukup dengan beberapa langkah saja data faktur pembelian dari Excel bisa langsung masuk ke dalam sistem Easy Cloud. Teman-teman ingin tahu bagaimana caranya? Mari langsung simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Membuat Impor Faktur Pembelian di Easy Cloud

  1. Untuk memulai proses ini kita perlu pastikan bahwa add on/pluginnya telah terpasang, untuk mengetahuinya klik Alat Bantu kemudian pilih Plugin.
Impor Faktur Pembelian Easy Cloud - 1

2. Teman-teman akan masuk ke halaman daftar add on atau plugin yang dimiliki oleh Easy Cloud, kita scroll ke bawah untuk mencari plugin Import Faktur Pembelian, jika sudah ketemu bisa klik Pasang.

Impor Faktur Pembelian Easy Cloud - 2

3. Otomatis teman-teman akan masuk ke halaman detail dari plugin tersebut yang berisi harga berlangganan beserta fungsi pluginnya, setelah itu pastikan klik tombol Pasang.

Impor Faktur Pembelian Easy Cloud - 3

4. Untuk memastikan bahwa plugin terpasang kita harus log out lalu log in lagi. Setelah itu bisa cek dengan klik Import Transaksi kemudian pilih Pembelian dan ternyata di situ sudah ada Import Faktur Pembelian untuk dipilih.

Impor Faktur Pembelian Easy Cloud - 4

5. Oke, lanjut ke proses impornya. Kita awali dengan klik tombol Impor Data kemudian cari di mana lokasi file Excel faktur pembelian yang akan diimpor. Jika sudah ketemu pilih dan klik file tersebut lalu klik tombol Open.

6. File yang tadi kita pilih akan muncul di dalam Easy Cloud. Tetapi data tersebut belum sepenuhnya masuk, kita harus klik Simpan & Keluar terlebih dulu.

7. Easy Cloud akan dengan cepat memproses file tersebut dan akan muncul notifikasi seperti gambar di bawah jika sudah selesai. Bisa dilihat bahwa data yang diimpor semuanya sukses tidak ada yang gagal. Jika ada yang gagal bisa dilihat keterangannya dengan menggeser ke kiri untuk melihat penyebabnya untuk kemudian diperbaiki.

Setelah melakukan langkah-langkah pada tutorial di atas teman-teman pasti sudah bisa membuat impor faktur pembelian Easy Cloud. Selain artikel ini, masih banyak artikel dan tutorial seputar software akuntansi yang bisa dibaca di dalam situs ini. Jadi, kami sarankan teman-teman untuk selalu mengikuti situs ini untuk mendapatkan info terbaru seputar Easy Cloud.

Teman-teman juga bisa melihat video tutorial dari fitur ini dan fitur lainnya di channel YouTube resmi Easy System. Jangan lupa untuk subscribe channel tersebut agar tidak ketinggalan video-video terbaru. Teman-teman juga bisa meminta video tutorial tertentu seputar Easy Cloud. Caranya mudah, cukup ketikkan request di kolom komentar.

Terakhir, jangan lupa untuk mengunjungi www.easycloud.co.id, di sana terdapat beragam info mengenai aplikasi akuntansi Easy Cloud. Mulai informasi harga, fitur, hingga promosi bisa dibaca di dalam website tersebut. Sekian dari kami, sampai jumpa di artikel dan tutorial lainnya.

,

Tutorial Lengkap Impor Penerimaan Barang Easy Cloud

Hai teman-teman dan seluruh pengguna software akuntansi

Langkah Membuat Impor Penerimaan Barang di Easy Cloud

  1. Langkah paling awal adalah kita pastikan bahwa plugin impor penerimaan barangnya sudah terpasang, caranya dengan klik Alat Bantu kemudian pilih Plugin.

2. Teman-teman akan masuk ke dalam daftar plugin yang dimiliki oleh Easy Cloud. Oke, sekarang kita cari di mana plugin penerimaan barang dengan scroll ke bawah, jika sudah ketemu bisa langsung klik tombol Pasang.

3. Teman-teman akan masuk ke halaman detail dari plugin tersebut yang berisi detail dan fungsinya, kita klik tombol Pasang.

4. Kita log out dulu lalu login ulang untuk memastikan plugin tersebut, setelah itu kita klik Import Transaksi lalu pilih Pembelian kemudian klik Import Penerimaan Barang.

5. Klik Import Data kemudian cari di mana file Excel yang akan diimpor disimpan, jika sudah ketemu filenya bisa diklik kemudian klik Open.

6. Akan muncul data yang akan kita masukkan dari file Excel, namun data ini belum sepenuhnya masuk kita perlu untuk klik Simpan & Keluar terlebih dahulu.

7. Nah, data yang kita impor sudah sepenuhnya masuk ke Easy Cloud dan semuanya sukses tidak ada yang gagal. Jika ada yang gagal bisa dicari penyebabnya dengan menggeser filenya ke sebelah kiri, setelah itu perbaiki kesalahannya agar bisa diimpor dan sukses.

Dengan melakukan langkah mudah di atas proses membuat impor penerimaan barang Easy Cloud telah selesai. Tidak hanya fitur ini saja yang mudah dibuat, semua fitur dan modul di Easy Cloud pastinya user friendly. Jadi, mudah digunakan oleh semua orang, bahkan yang masih awam dengan akuntansi.

Selalu ikuti update terbaru dari kami dan baca artikel-artikel lain di sini. Ada banyak artikel informatif untuk Anda pengguna software Easy System. Tutorial instal, impor transaksi dari Excel, recurring, dan multi cabang lengkap tersedia dalam situs ini.

Teman-teman juga bisa meminta suatu tutorial kepada kami. Caranya juga sangat mudah, cukup ketikkan request tutorial di kolom komentar. Tim kami akan segera meresponnya dan membuat tutorial tersebut. Jika ingin info lengkap tentang aplikasi ini silakan langsung kunjungi www.easycloud.co.id. Sekian dari kami, sampai jumpa di artikel lainnya.

,

Tutorial Komplet Membuat Penyesuaian Barang Easy Cloud

Dalam artikel kali ini kami akan mengajak semua user Easy untuk belajar lebih banyak tentang fitur yang ada di Easy Cloud. Yang akan kami bahas adalah tentang cara membuat penyesuaian barang Easy Cloud. Fitur ini berfungsi untuk melakukan pengurangan atau penambahan stok persediaan bila terjadi selisih antara stok dalam sistem dan stok yang ada di gudang (Penyesuaian). Untuk membuatnya, mari langsung baca urutan langkahnya di bawah ini.

Langkah-langkah Membuat Penyesuaian Barang Easy Cloud

  1. Tahap paling awal untuk membuat penyesuaian adalah dengan klik Jalan Pintas lalu klik tab Persediaan. Setelah itu, kita klik Penyesuaian Barang.
penyesuaian barang Easy Cloud - 1

2. Cari dan pilih akun yang akan dipakai di Akun Penyesuaian, misalnya kita pakai akun HPP Barang Rusak. Lalu dobel klik di kolom No. Barang untuk memilih barang yang akan disesuaikan.

penyesuaian barang Easy Cloud - 2

3. Kita cari dan pilih barangnya misalnya Stang BMX, ceklis barang tersebut lalu klik Simpan.

penyesuaian barang Easy Cloud - 3

4. Di sini kita akan menyesuaikan jumlah barang yang berkurang, maka kita isi kolom Kts Baru misalnya barang berkurang karena ada yang rusak 1, maka kita input 49. Kita bisa isi kolom Deskripsi dengan Rusak 1, terakhir kita klik Simpan.

penyesuaian barang Easy Cloud - 4

5. Penyesuaian di atas telah tersimpan dan bisa dibuktikan dengan melihatnya di Modul Utama > Persediaan > Barang. Lalu kita cari barang yang disesuaikan tadi, bisa dilihat di bawah ini bahwa Stang BMX jumlahnya 49 Pcs seperti yang tadi kita sesuaikan.

penyesuaian barang Easy Cloud - 5

6. Langkah tadi adalah untuk penyesuaian yang barangnya berkurang. Jika ingin membuat penyesuaian yang barangnya bertambah caranya seperti ini. Kita pilih akun yang akan dipakai di kolom Akun Penyesuaian, misalnya HPP Lain-lain. Pastikan untuk ceklis di kolom Nilai Penyesuaian, lalu dobel klik No. Barang.

7. Kita cari dan pilih barang yang akan disesuaikan misalnya Carbon Fiber 420mm lalu klik Simpan.

8. Isi Kts Baru misalnya ternyata jumlahnya ada 3 maka kita isi 3 kolom tersebut. Jika perlu isi Deskripsi, misalnya selisih barang stok kemudian klik Simpan.

9. Kita buktikan apakah penyesuian tersebut sudah berhasil, kita lihat daftar barangnya. Bisa kita lihat di bawah, jumlah Carbon Fiber 420mm adalah 3 meter.

Demikianlah langkah pembuatan penyesuaian barang Easy Cloud. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat untuk Anda semua. Anda masih bisa membaca banyak tutorial lain di situs ini seperti cara import transaksi, pembatasan akun, dan banyak artikel lainnya. Jangan lupa segera coba dan kunjungi www.easycloud.co.id dan dapatkan free trial selama 30 hari. Sekian dulu artikel dari kami, sampai jumpa di artikel selanjutnya.